BKPM Akan Rilis Daftar Positif Investasi Akhir Februari 2020

  • Whatsapp

Jakarta, ArahKata – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan pemerintah akan merilis daftar positif investasi bulan Februari 2020. Hal ini sesuai dengan perpres yang menggantikan Perpres No 44/2016 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal atau Daftar Negatif Investasi (DNI).

“Sekarang sedang disusun, kemungkinan besar akhir bulan Februari nanti ini selesai,” kata Bahlil di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Bahlil menegaskan, istilah daftar positif investasi bukan berarti pemerintah membuka semua sektor bagi investor asing. “Masih ada sektor yang ditutup dari akses investasi oleh pemerintah,” jelasnya.

Sayangnya Bahlil enggan mengungkapkan lebih jauh jumlah maupun kategori sektornya. “Tentang bidang bidang usaha apa saja yang akan ditutup atau setengah tertutup maupun yang dibuka umum, kami menunggu perpres,” katanya.

Daftar positif investasi ini menurutnya sekaligus menjadi bukti bahwa Indonesia ramah investasi bagi investor. “Kalau ada istilah negatif rasanya kurang nyaman di hati. Jadi kita bangun satu narasi yang membangun kepercayaan untuk orang,” ungkapnya. (SR)

Pos terkait