BRT Trans Semarang Siap Luncurkan Koridor Baru

  • Whatsapp

Semarang, ArahKata – BRT Trans Semarang siap luncurkan koridor baru dengan rute Gunungpati – Ngaliyan. Acara lauching koridor baru ini diselenggarakan oleh pemerintahan kota Semarang bertempat di Waduk Jatibarang yang berlangsung selama 1 hari (Jumat 6/12/2019), dari pukul 09.00 pagi sebagai pembuka, hingga acara puncaknya yakni pada malam hari, yang akan diisi oleh beberapa band musik serta stand up comedy.

Ilham, selaku panitia acara divisi Multimedia mengatakan, acara ini dibantu oleh tim creative yang biasanya menangani event-event sebagai panitia. Selain band musik serta stand up comedy yang akan memeriahkan acara puncaknya, lauching koridor baru BRT Trans Semarang juga diisi oleh  kurang lebih  15 stand diantaranya, Lauching Kalender Event Pariwisata 2020, Barberlive Semabara 024 FPV/ Drone Education, perpanjangan SIM/STNK/Pajak, Semarang Reptil Communities, Coaching Clinic Guzel Jelly, Cek kesehatan, Food Truck, dan Stand Kewirausahaan.

Melihat sejauh ini rute Gunungpati Ngaliyan belum dilalui oleh BRT Trans Semarang, oleh karena itu tujuan dari lauching koridor baru BRT Trans Semarang ini untuk mempermudah warga Gunungpati dan Ngaliyan khususnya, dalam mengakses transportasi tersebut.

Stephanus, selaku kepala divisi operasional menyebutkan, ada 3 koridor yang akan dilaunching pada acara ini yakni, 1 Koridor BRT dan 2 Feeder. Untuk 1 koridor BRT merupakan koridor 8 dengan rute Cangkiran sampai Simpang Lima yang melalui Gunungpati, Sadeng, Manyaran, Kali Banteng, Karangayu, Imam Banjol, Balaikota, lalu sampai  Simpang Lima lagi hingga kembali ke Cangkiran. Untuk 2 Feeder, rute Feeder 1 start dari Taman Panembahan Senopati (Kecamatan Ngaliyan), dengan rute melalui Lampisan, Gatot Subroto dan Graha Patma, keluar lagi ke jalan Siliwangi, Anjasmoro, Madukoro, kemudian balik lagi. Sedangkan  untuk rute Feeder 2, start Taman Banget Ayu, Arteri Soekarno Hatta, Lamper, dan Majapahit.

“Perbedaan BRT dan Feeder ini yakni, BRT dari armada atau bus, sedangkan Feeder adalah elf  long sasis dengan model yang lebih kecil dari BRT, sehingga memungkinkan feeder untuk menjangkau jalan-jalan yang tidak bisa ditempuh menggunakan bus. BRT dijadikan sebagai jalur utama, sedangkan feeder sebagai pengumpannya atau istilah lainnya penumpang melakukan transit,” tutupnya.

Pos terkait