Doni Monardo : Kondisi Indonesia Relarif Baik dan Beresiko Rendah Terhadap Covid – 19

  • Whatsapp

Jakarta, ArahKata – Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan kondisi Indonesia relatif baik saat ini. Salah satunya masih adanya daerah kabupaten/kota yang relatif aman dan berisiko rendah terhadap virus Corona (Covid-19).

“Kita lihat sekarang ada 44% wilayah kabupaten/kota secara nasional, dari 514 kabuaten/kota yang statusnya adalah risiko rendah dan aman Pak Presiden yaitu warna kuning dan warna hijau,” kata Doni saat memberikan penjelasan penanganan Covid-19 di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Graha BNPB, Rabu (10/6/2020).

Dia mengakui beberapa daerah mengalami peningkatan. Namun dia yakin pembagian tugas antara pusat dan daerah sudah semakin baik. “Kami sesuai perintah Bapak Presiden daerah-daerah yang relatif beresiko tinggi tetap kami kawal,” tuturnya.

Kondisi lain yang relatif baik adalah respons di sektor ekonomi yang positif. Hal ini terjadi setelah pemerintah melakukan pembukaan beberapa sektor perekonomian.

“Rupiah langsung menguat Bapak Presiden. Juga menurut gubernur Bank Indonesia cadangan devisa kita tetap berada di atas Rp130 miliar. Kajian salah satu lembaga menempatkan Indonesia berada pada posisi yang relatif cukup bagus Bapak Presiden. Nah ini lah sekarang sedang kita jaga momentum ini,” jelas mantan Danjen Kopassus ini. (SR)

Pos terkait