Dukung Ketahanan Pangan Daerah, TNI AL di Ampana Panen Jagung Hibrida Tongkol

  • Whatsapp
Keterangan Foto: Personal Posal TNI AL Ampana, saat melakukan kegiatan panen raya jagung hibrida tongkol.

Morowali, ArahKata – Menindaklanjuti instruksi dari Panglima Koarmada II agar memanfaatkan lahan tidur untuk mendukung ketahanan pangan disetiap wilayah tugas, Pangkalan TNI AL (Lanal) Palu melalui Posal Ampana memberikan bukti nyata.

Bukti tersebut berupa panen raya berupa jagung hibrida tongkol. Kegiatan panen jagung ini, dilaksanakan Minggu (3/5). Pada kegiatan ini, dipimpin langsung oleh Danposal TNI AL Ampana Kabupaten Tojo Una-una.

Menanggapi keberhasilan anggotanya dalam melaksanakan instruksi Panglima Koarmada II ini, Danlanal Palu Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi S.E., M. Tr. Hanla memberikan apresiasi. Menurutnya, apa yang berhasil diraih anggotanya ini adalah bukti bahwa TNI AL bisa memanfaatkan lahan tidur untuk mendukung ketahanan pangan daerah.

“Posal Ampana melaksanakan penanaman jagung secara bertahap, pada tahap panen kali ini mendapatkan hasil sebanyak kurang lebih 1000 kilo gram,”ungkap Danlanal Palu.

Sementara itu Danposal TNI AL Ampana menjelaskan, dibukanya lahan ketahanan pangan di Posal Ampana tersebut bertujuan untuk pemanfaatan lahan yang kurang produktif. Saat pembukaan lahan itu dilakukan, pihaknya berusaha mengelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah jajaran Lanal Palu.

“Nah, itu kita buktikan dengan ada usaha pasti ada hasilnya. Tidak ada yang tidak bisa,”tegasnya.

Tidak hanya jagung manis, sebelumnya Posal Ampana juga mencoba melakukan penanaman Cabai Kriting. Namun, hasilnya tidak maksimal karena cuaca tidak mendukung.

“Kemarin udah kita coba lombok namun hasilnya tidak maksimal, kemudian kita beralih ke jagung. Lomboknya gagal panen dan rusak semua dimakan hama akibat cuaca yang tidak menentu,”tutupnya.(AL)

Pos terkait