Halau Ular Cobra Dengan Daun Sereh

  • Whatsapp

Jakarta, ArahKata – Maraknya kemunculan anak ular cobra di sejumlah daerah, termasuk Jakarta membuat warga Ibu Kota harus waspada. Pasalnya, Desembar merupakan waktu menetasnya telur ular berbisa tersebut.

Kepala Pengendalian Operasi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Mulyanto meminta masyarakat tidak panik saat menemukan anakan ular cobra di sekitar pemukiman. Maka itu, dia mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika menemukan anak ular cobra tersebut.

“Bagi warga yang menemukan telur atau sudah menetas bisa segera laporkan kepada petugas kami,” kata Mulyanto saat dihubungi wartawan, Senin (23/12/2019).

Sebagai langkah antisipasif, kata Mulyanto, warga bisa membersihkan rumah dari barang-barang bekas yang tidak terpakai. Karena biasanya ular cobra mencari tempat yang lembab dan kotor seperti alang-alang, di bawah tumpukan barang bekas serta dekat dengan sarang tikus.

“Warga rajin membersihkan rumah dari bekas barang-barang yang tidak terpakai,” tambahnya.

Selain itu, masyarakat bisa menaman pohon sereh di rumah untuk menghalau ular cobra untuk masuk ke dalam rumah.

“Jadi sereh itu wangi ya, bisa ditanam bisa juga ditaburkan di rumah. Insya Allah ular tidak berani mendekat,” tuturnya.

Jika ular masib nekat, diharapkan warga bisa mengabarkan kepada petugas Gulkarmat. “Silakan laporkan jika melihat ada ular kobra kepada anggota kami,” tandasnya. (SR)

Pos terkait