Hikmahanto Juwana: MA Tak Bisa Diintervensi

  • Whatsapp

Jakarta, ArahKata – Jelang  peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Mahkamah Agung RI yang akan jatuh pada 19 Agustus 2020, sejumlah pihak menaruh harapan besar terhadap institusi ini.

Harapan juga disampaikan oleh pakar hukum Prof Hikmahanto Juwana SH, LLM, PhD. Hikmahanto optimis jika diusia 75 tahun MA makin dipercaya oleh publik dan tak bisa diintervensi oleh siapapun.

“Saya termasuk yang optimis, dalam upaya lebih menumbuhkan kepercayaan publik terhadap MA,” ujar Hikmahanto Juwana di Jakarta, Jumat (14/8).

Pria yang menjadi profesor termuda ahli hukum Internasional di Indonesia ini mengatakan bahwa MA terus mendorong budaya transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi sekaligus terus memperkuat akar dan fondasi prinsip supremasi hukum di dunia peradilan.

Suami dari Nenden H. Juwana ini menyebut  Mahkamah Agung RI  merupakan salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Serta membawahi badan peradilan dalam lingkungan peradilan umum.

“MA semakin maju karena lebih terbuka dalam putusannya,” ujar pria yang sejak dulu rajin berolahraga renang ini.

Sosok yang oleh Jokowi sempat menjadi tim Sembilan Independen dan dia ditunjuk sebagai sekretaris untuk menyelesaikan konflik Polri-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakin kakau Mahkamah Agung telah melakukan pengawasan tertinggi terhadap jalannya peradilan di semua lingkungan peradilan.

Ayah tiga anak, kelahiran Jakarta 23 November 1965 itu juga mengapresiasi dalam semangat Mahkamah Agung dalam keterbukaan dan mendahului banyak lembaga negara lainnya berkat terobosan yang sudah dilakukan.

Penerima penghargaan dari  British Achieving Award dari Pemerintah Inggris itu memberi suport kepada seluruh hakim di Indonesia, terutama di masa pendemi Covid-19 saat ini.

“Pengadilan menjadi dambaan bagi seluruh masyarakat pencari keadilan. Sehubungan dengan situasi Pandemi Covid – 19 dan semangat Ketua MA yang baru. Hakim Agung diharap terus menggali rasa keadilan yang ada di dalam masyarakat,” ujar pria yang yang selama ini dikenal sebagai pakar hukum internasional itu yakin, Ketua MA yang baru mampu membawa lembaga peradilan lebih baik lagi.” lanjutnya.

Sementara itu terkait kepemimpinan baru ketua MA oleh Muhammad Syarifuddin SH. MH, Hikmahanto mengungkapkan harapannya.

“Semoga Ketua MA yang baru terus meningkatkan capaian-capaian yang telah dilakukan oleh Ketua sebelumnya,” tutup Hikmahanto.

Pos terkait