Huawei Perkecil Jarak Pangsa Pasar dengan Samsung

  • Whatsapp

Jakarta, ArahKata – Huawei tampaknya masih optimis bahwa pengiriman produknya akan tetap meningkat meskipun saat ini masih dicekal oleh pemerintah Amerika Serikat. Untuk diketahui, sebelum masuk Entity List, perusahaan Tiongkok ini pernah menyatakan niat untuk mengambil posisi pertama di pasar smartphone dunia.

Mungkin tidak sesuai harapan, namun riset Strategy Analytics menunjukkan bahwa pangsa pasar Huawei sudah sedikit lebih baik dengan Samsung tahun ini.

Data tersebut dibagikan oleh Korea Herald. Dalam data itu, ditunjukkan bahwa Huawei berhasil mendekati Samsung dan mengurangi jarak pangsa pasar menjadi 3,6 persen tahun ini. Sebelumnya, jarak pangsa pasar antar Huawei dan Samsung adalah 5,9 persen.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa Samsung sudah mengapalkan sebanyak 323 juta unit smartphone di tahun 2019. Jumlah itu berhasil menempati 21,3 pangsa pasar smartphone di dunia. Sementara Huawei, dilaporkan berhasil mengapalkan 251 juta unit smartphone di periode yang sama dengan pangsa pasar sebesar 17,7 persen.

Perlu diketahui, di tahun sebelumnya, pangsa pasar smartphone Huawei di dunia adalah 14,4 persen. Artinya dalam periode setahun ini, Huawei berhasil meningkatkan pangsa pasarnya sebanyak 3,3 persen dibandingkan tahun lalu, sebagaimana dilansir dari GizmoChina (14/12).

Sementara itu, Apple masih bercokol di posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 13,6 persen. Perusahaan ini dilaporkan sudah mengirimkan sebanyak 193 juta unit iPhone tahun ini. Meski harus digusur Huawei, Apple tampaknya tidak terlalu terpengaruh dengan hal tersebut. Pasalnya, meski berada di bawah Huawei, pendapatan Apple disebut lebih besar dari bisnis smartphone perusahaan Tiongkok itu.

Pos terkait