Inilah Tiga Hal Dalam Tagar Indonesia Terserah

  • Whatsapp

Jakarta, ArahKata – Fenomena tagar Indonesia Terserah di media sosial baru-baru ini ditanggapi oleh Analis Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun.

Menurut dia, fenomena tagar Indonesia Terserah yang menduduki trending topik teratas di Indonesia setidaknya menunjukan tiga hal.

Pertama, menunjukkan kekecewaan yang sangat mendalam dari tenaga medis dan masyarakat luas terhadap kebijakan pemerintah yang tidak konsisten dan masyarakat yang sulit untuk disiplin.

“Ini terlihat dari narasi yang ada di dalam merespons tagar tersebut,” ujar Ubedilah Badrun, Selasa (19/5/2020).

Kedua, menunjukkan bahwa kebijakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditolak oleh masyarakat secara luas. “Terutama oleh masyarakat yang memiliki kesadaran terhadap dampak covid-19,” ujarnya.

Ketiga, menunjukkan ada tanda-tanda atau potensi perlawanan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah yang merugikan masyarakat luas. Sekadar diketahui, tagar Indonesia Terserah viral di media sosial belakangan ini.

Para tenaga medis dalam unggahan tersebut membawa kertas yang bertuliskan “Indonesia ? Terserah”. Media asing pun bahkan menyoroti tagar Indonesia Terserah tersebut. (SR)

Pos terkait