Koalisi Kawali Bekasi Raya dan Kawali Jabar Apresiasi Camat Tambun Selatan

  • Whatsapp

Tambun Selatan, ArahKata – Terkait diterimanya pantauan Warga tentang tumpukan sampah di Desa Setia Mekar pada Selasa, 11 Februari 2020 oleh Kawali Bekasi Raya. Dan dihari yang sama diselenggarakan pula Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tambun Selatan, yang dihelat di Perumahan Dukuh Bima Buana, Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan. Di acara tersebut, Kawali Bekasi Raya mengirimkan utusannya untuk menghadiri Musrembang Kecamatan Tambun Selatan.

Kegiatan Musrenbang tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi (Sekda Bekasi), Uju dan dihadiri langsung oleh Camat Tambun Selatan, A. Junaefi.

Camat Tambun Selatan, A. Junaefi mengatakan instansinya berkomitmen untuk menangani permasalahan sampah, utamanya sampah plastik dengan mengurangi penggunaan plastik. Junaefi memaparkan program-program prioritas terkait permasalahan Lingkungan hidup , diantaranya :
– Normalisasi sungai,
– Infrastruktur terintegrasi yang berwawasan lingkungan,
– Pengadaan sumur resapan dengan pembuatan lubang biopori,
– Peningkatan SDM dibidang Lingkungan Hidup.
– Mewajibkan bagi anak-anak sekolah untuk membawa tempat makan dan minumnya sendiri, selaras dengan Program Bupati Kabupaten Bekasi.

Atas program-program tersebut, Sekda Bekasi Uju menyampaikan apresiasinya, terutama terkait pengurangan sampah plastik dengan dukungan dari setiap desa, kelurahan maupun sekolah yang ada di kecamatan Tambun Selatan.

Begitupun, Ketua Kawali Bekasi Raya Yopi Oktavianto, yang biasa dipanggil dengan sebutan Opay, ketika menerima laporan hasil Musrembang, sangat mengapresiasi program-program prioritas terkait Lingkungan Hidup yang disampaikan oleh Camat Tambun Selatan, Junaefi.

Opay mengatakan, Kawali Bekasi Raya siap berkolaborasi serta duduk bersama mencari solusi terbaik dan bekerjasama dengan Camat Tambun Selatan. “Juga daerah lain di wilayah Bekasi, baik Kota Bekasi atau Kabupaten Bekasi terkait dengan program-program seputar Lingkungan Hidup, mengingat kami di Kawali menguasai seluk beluk tentang Lingkungan Hidup,” kata Opay dalam keterangan tertulisnya yang diterima ArahKata.com, Senin (17/2/2020).

“Program terdekat yang Kawali Bekasi Raya adalah Gerakan Tanam Pohon dan Gerakan Tambun Selatan Bersih (Getap dan Getab) yang akan diselenggarakan pada 21 Pebruari 2020 sampai dengan 04 April 2020, di 10 Desa wilayah Kecamatan Tambun,” jelasnya.

Opay berharap program GETAP dan GETAB ini dapat membangkitkan kesadaran masyarakat Tambun Selatan atas pentingnya menjaga Lingkungan, terlebih di area Tambun Selatan saat Banjir di Awal Januari 2020 lalu yang terdampak sangat luas. (SR)

Pos terkait