Mungkin Ini Penyebab Laptop Suka Mati Tiba-Tiba

  • Whatsapp

Jakarta, ArahKata – Pernah mengalami laptop tiba-tiba mati saat sedang digunakan? Tenang, anda bukan satu-satunya orang yang mengalami hal tersebut. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab matinya laptop secara tiba-tiba.

Untuk diketahui, laptop atau komputer merupakan sebuah perangkat yang kompleks. Di dalamnya terdapat berbagai macam perlindungan, salah satunya menghentikan aktivitas dan mematikan daya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerusakan parah yang bisa terjadi kalau laptop dipaksa terus bekerja.

Bacaan Lainnya

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba:

Overheating

Overheat atau panas berlebih bisa menjadi penyebab utama laptop mati secara tiba-tiba. Kasus ini merupakan hal paling umum yang terjadi pada laptop. Nah, laptop mati karena mekanisme pengamanan jika komponen di dalamnya menjadi terlalu panas.

Masalahnya adalah, ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop menjadi panas. Pertama coba periksa kondisi kipas di laptop. Sistem pembuangan udara panas dari dalam cukup berpangaruh dalam menjaga suhu yang optimal. Untuk itu cek dan bersihkan kipas secara berkala dan hati-hati. Dalam keadaan bersih, kipas mampu berputar dengan optimal untuk menjaga temperatur laptop kamu. Dengan cara sederhana ini, kamu dapat memperpanjang masa pakai laptop kamu.

Selain masalah panas dari dalam, panas dari luar juga patut diperhatikan. Jika kamu harus menggunakan laptop di luar ruangan, jangan gunakan laptop pada lokasi yang terlalu panas dan terpapar sinar matahari langsung. Carilah tempat yang teduh, di bawah pohon atau payung misalnya. Panas berlebih dari luar juga memiliki kemungkinan untuk membuat sistem pada laptop menjadi sangat panas.

Kerusakan hardware

Matinya laptop secara tiba-tiba dapat juga bisa disebabkan karena kerusakan hardware. Jika sebelumnya kamu baru menginstall hardware baru, coba lepas dan periksa apakah laptop masih mengalami hal yang sama.

Jika masih, periksa komponen lainnya seperti RAM, CPU, motherboard, power supply atau bahkan VGA. Mungkin salah satu komponen mengalami kerusakan. Dalam hal ini, segera bawa laptop ke tempat perbaikan.

Adaptor tidak kompatibel

Kalau kamu seorang gamer dan laptop tiba-tiba mati ketika digunakan saat bermain, mungkin ada masalah pada adaptor charger kamu. Beberapa gim memerlukan kapasitas daya yang lebih besar. Biasanya berada di kisaran 100W sampai 240W. Meski begitu, beberapa pengguna tidak menyadari kalau mereka menggunakan adaptor charger 90W atau bahkan kurang dari itu.

Serangan virus

Dari antara semua penyebab laptop mati secara tiba-tiba, serangan virus merupakan hal yang paling jarang ditemui. Namun tetap berpotensi menyerang kamu. Beberapa virus dapat mematikan laptop dan menyalakannya kembali. Ini merupakan proses aktivasi dari virus tersebut.

Pastikan kamu menggunakan antivirus di laptop kamu. Ada banyak antivirus yang bisa kamu dapatkan. Kunjungi website resmi masing-masing antivirus itu. Tidak hanya itu, hindari menggunakan antivirus gratisan. Kemampuannya tidak akan setara dengan antivirus berbayar.

Pos terkait