PDIP Minta Mendikbud Tingkatkan Kualitas dan Kesejahteraan Guru

  • Whatsapp

Jakarta, ArahKata – PDI Perjuangan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru. Sebab, guru berperan penting mengajarkan ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang diawali dengan cara sederhana namun fundamental dalam menentukan peradaban, yakni membaca dan menulis.

“Bagi PDI Perjuangan, guru berperan sentral di dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Menurut Hasto, PDI Perjuangan berharap agar pemerintah melalui Menteri Pendidikan Nadiem Makarim semakin menaruh perhatian pada peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru, serta preferensi sosial sebagai pendidik maka kemudahan guru untuk meningkatkan jenjang pendidikannya harus dijamin negara.

“Guru itu pelitanya peradaban Indonesia Raya. Mata air penguasaan ilmu pengetahuan bersumber dari guru yang memberi semangat juang bagi para muridnya agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai salah satu syarat kemajuan bangsa,” jelas Hasto.

Selain itu, kata Hasto, agar Indonesia semakin berkemajuan maka budaya literasi harus ditingkatkan. HandBook harus diterjemahkan secara masif. Budaya literasi harus ditumbuh kembangkan.

“PDI Perjuangan percaya bahwa penguasaan ilmu pengetahuan dasar dan teknologi terapan yang diaplikasikan sesuai dengan kondisi alam raya Indonesia akan menjadi modal utama kemajuan bangsa,” katanya. (SR)

Pos terkait