Peran Ilmu Terapan Terhadap Teknologi di Era Global

  • Whatsapp

ArahKata – Dalam menghadapi tantangan global tentu dibutuhkan generasi muda yang melek terhadap perkembangan teknologi, untuk menjawab tantangan global dibutuhkan generasi yang terus melakukan pembahuruan terhadap ilmunya dalam mengembangkan teknologi, sehingga generasi muda dituntut untuk menguasai dan menginovasi serta menciptakan sesuatu karya yang dapat memberi solusi agar memberi kemudahan dalam berbagai hal permasalahan yang ada, baik permasalahan yang ada di pemerintah, masyarakat, maupun dunia pendidikan itu sendiri.

Permasalahan  yang timbul dapat menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan, yaitu dengan meningkatkan kemampuan generasi muda melalui pendidikan dapat memberi arahan bagi generasi muda dalam mengembangkan kemampuanya. Tak hanya generasi muda, Pemerintah juga ikut andil dalam melaksanakan dan mendukung kemampuan generasi muda untuk mengatasi permasalahan yang ada. Pemerintah Kota ( Pemkot ) Semarang terus mengembangkan inovasi salah satu inovasinya yaitu melalui pengembangan ATM Beras untuk yang dapat digunakan untuk warga kurang mampu. (Kompas News 08/05/2019)

Bacaan Lainnya

Permasalahan yang ada di masyarakat saat ini yaitu mensetarakan kesejahteraan masyarakat dengan mengikikis ketimpangan kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial ekonomi merupakan permasalahan yang tidak bisa di anggap sepele. Upaya pemerintah dalam mensetarakan kesejahteraan masyarakat untuk mengurangi ketimpangan sosial demi mewujudkan sila ke lima yaitu Keadilan Sosial Bagi Sluruh Rakyat Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui ketimpangan sosial dan ekonomi dalam masyarakat menjadi tantangan bangsa yang dihadapi sejak Indonesia merdeka.(CNN 31/01/2017)

Jokowi menegaskan, pemerintah terus berupaya memastikan keadilan bagi seluruh elemen masyarakat. Pada sidang kabinet paripurna perdana 2017, Presiden Jokowidodo menyatakan “Penanganan kesenjangan antar masyarakat menjadi fokus pemerintah hingga saat ini.” jokowi juga mengatakan “Pembangunan yang berkeadilan akan membuat kita semakin kuat dalam menghadapi persaingan global.” Gagasan jokowi tersebut  dapat diwujudkan dengan upaya salah satunya yaitu strategi pertama yang dilakukan pemerintah terkait kesehatan anak usia 5 tahun ke bawah, khususnya terkait stunting (kurang gizi). ( Kompas 08/09/2017)

Stunting dipandang memperparah kemiskinan sehingga harus diturunkan. Kedua, soal bantuan sosial yang belum tepat sasaran. Masih banyak warga tidak mampu yang belum tersentuh bantuan. Tak hanya permasalahan bantuan sosial yang menjadi masalah bagi masyarakat, namun permasalahan tersebut dapat menjadi tantangan bagi para mahasiswa untuk memberi solusi dalam membantu pemerintah guna melancarkan kemudahan melalui bantuan sosial yang diberikan kepada pemerintah terhadap masyarakat yang kurang mampu.

Kontribusi mahasiswa dalam membantu pemerintah melalui Bantuan sosial telah di inovasi dengan Kemampuan yang telah dikembangkan dalam dunia pendidikan. Sehingga  dapat memberi solusi bagi pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan di era global, dengan adanya ilmu terapan (ilmu praktik) diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat.

Terciptanya teknologi baru melalui pengembangan inovasi dari tahun ke-tahun yang telah di kembangkan mahasiswa memalui Mesin Atm beras dapat menjadi jawaban bahwa kreatifitas mahasiswa mampu memunculkan trobosan baru dalam dunia pendidikan, tentu mahasiswa selalu mengupgrade kemampuanya dalam menyumbang inovasi sebagai kontribusinya terhadap pemerintah maupun masyarakat salah satunya yaitu melalui Mesin ATM beras .

ATM Beras yang dapat di gunakan dalam membantu pemerintah dengan memberikan bantuan sosial berupa beras, masyarakat dalam memperoleh bantuan berasdapat dilakukan dengan mudah, efektif dan efisien jika hal tersebut dapat diterapkan oleh pemerintah guna mempermudah masyarakat dalam memperoleh bantuan beras.

Dengan dikembangkan inovasi dari salah satu mahasiswa kampus Politeknik negeri semarang telah mengembangkan kemampuanya dalam berinovasi melalui Prototipe mesin ATM beras “ Mesin Layanan Penyedia Beras Mandiri Berbasis FRID” berfungsi memantu distribusi raskin ke masyarakat dengan Berbasis RFID ( Radio Frequency Idengtifier) mengakses  kartu hanya dapat di akses oleh warga yang berhak menerima kartu member card berupa RFID untuk warga yang kurang mampu yang telah terdaftar.

Dengan adanya Mesin Layanan Penyedia Beras Mandiri Berbasis FRID,  warga dapat mengambil beras tanpa harus melalui balaidesa dan mengantri bisa kapan saja mengambil beras, baik pagi, siang, atau malam, kapan pun dan dimanapun dapat diperoleh di berbagai mesin atm beras yang telah tersedia. Tujuan dari Teknologi yang di ciptakan ini, guna mempermudah masyarakat dan pemerintah terciptanya keefektifitas dan efisiensi bersama jika diterapkan oleh pemerintah.

Cara kerja sangat sederhana, akan mudah di pahami serta terdapat tombol perintahnya. Cara pengoprasian dengan cara menempelkan kartu di LCD akan keluar menu tampilan  Cek Saldo dan Ambil Beras. Cek saldo digunakan untu mengecek jumlah bantuan beras yang tersisa. Sedangkan pengambilan beras dapat dipilih menu sesuai keinginan pengambilan beras dalam jangka hari sesuai besaran kilogram beras yang di inginkan.

Dalam pengambilanya  akan  keluar wadah ketika sudah tersedia wadah ketika wadah sudah muncul otomatis wadah sudah ada maka beras akan keluar sesuai beras yang ingin di ambil.saat beras keluar untuk mendeteksi melalui sensor loadcell / untuk menimbang, di bagian alas wadah terdapat loadcell (sel beban)  yang berfungsi sebagai penimbangan beras.kapasitas wadah dapat diperbesar jika menginginkan pnyimpanan beras berkapasitas besar sesuai jumlah kapasitas yang di inginkan dengan hanya menambah volume ukuran  mesin tersebut.

Inovasi itu dapat muncul melalui pendidikan yang telah diperoleh melalui ilmu yang telah di ajarkan melaui pendidikan dan pengalaman dalam menciptakan suatu karyatentu membutuhkan proses yang panjang. Ilmu yang diperoleh dapat melalui pendidikan khususnya ilmu terapan, Fungsi Ilmu Pengetahuan Terapan menempatkan teori-teori ke dalam praktek dengan tujuan mencari solusi dari sebuah masalah.

Hal tersebut dapat memacu generasi muda menciptakan ide untuk menciptkan inovasi baru dalam mengembangkan teknologi yang ada, sehingga generasi muda dapat bersaing serta dapat memberikan inovasi juga terhadap instansi mapun perusahaan dalam membantu meningkatkan uprgade inovasi yang baru, dengan ide- ide baru ketika sudah terjun di dunia kerja untuk menciptakan teknologi baru maupun yang telah ada sebelumnya.

Tercipta suatu karya generasi muda dapat menjadi solusi serta dibutuhkan dukungan dari pemerintah, agar generasi muda mampu bersaing secara global. Sehingga apresiasi terhadap generasi muda dapat memperkuat para milenial untuk terus berkarya, alangkah baiknya apresiasi tersebut diberikan agar semangat dan kreativitas generasi muda tidak luntur.  Mengikatkan kembali oleh perkataan bapak ploklamator kita bung karno “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. (TribunKalteng 28/10/2017)

Generasi muda dapat menjadi perubahan besar bagi bangsa apabila terus melakukan upgrading inovasi baru melalui pendidikan . Kemampuan yang telah dikembangkan dalam dunia pendidikan dapat memberi solusi bagi pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan di era global, dengan adanya ilmu terapan (ilmu praktik) diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat.

Penulis: Retno Setyowati

Pos terkait