PRSSI Sebut Indonesia Satunya Negara ASEAN  yang Belum Kena Virus Corona

Jakarta, ArahKata - Indonesia menjadi satu-satunya negara di Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang belum terkena virus Corona.

Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PRSSI), Hermawan Saputra dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk 'Mengukur Efek Korona: Siapkah Kita?' di Hotel Ibis Tamarin, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2/2020).

"Sebagai contoh di Malaysia berdasarkan data 27 Februari kemarin itu 22 kasus sudah ditemukan," ujar Hermawan.

Kemudian, kata dia, 22 kasus di Australia, 96 kasus di Singapura, lebih dari 30 kasus di Thailand, 4 kasus di Filipina dan juga Vietnam.

"Bahkan lompat ke benua yang paling dahsyat sekarang, tak ada tanda-tanda yang mengkhawatirkan, tidak ada juga indikasi yang bertahap secara tiba-tiba ini terjadi di Italia dan juga Iran," tutur dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia ini.

Sedangkan 1200 kasus di Korea Selatan dianggapnya wajar karena negara itu berdekatan dengan asal virus Corona, Wuhan, China. "Nah teori awalnya kita ini karena perbedaan ras ini juga pernah disampaikan karena kita ini tergolong dalam rumpun ras Melayu. Maka reseptornya dianggap berbeda, tetapi dengan adanya kejadian di Arab dan di Malaysia kena orang-orang Melayu dan kita punya warga Indonesia, tetapi dia ada di luar negeri yang sudah confirm di Singapura dua orang dan di Jepang di atas kapal pesiar juga terjadi, juga Taiwan," ungkapnya. (SR)

Penulis:

Baca Juga