Resmi Buka Pendidikan Mahasiswa Baru Unhan, Menhan RI : Indonesia Maju Harus Cetak Manusia yang Handal

  • Whatsapp

Jakarta – Menteri Pertahanan RI H. Prabowo Subianto pimpin upacara pada Pembukaan Pendidikan Mahasiswa Baru Program Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktiral (S3) Unhan TA. 2020/2021 pagi ini, Sabtu (29/8/2020).

Dengan skema protokol kesehatan, pembukaan dilaksanakan di lapangan upacara Unhan Kawasan IPSC Sentul – Bogor, Jawa Barat yang dihadiri antara lain, Menlu RI, Mendikbud, Menkrs, Menkominfo, Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan, Ketua Komisi I DPR, Sekjen Kemhan, Gubernur Akmil, Kepala BNPT, Kepala BNPB, Kepala BSSN, Kepala BIN, Rektor Unhan, Mantan Rektor Unhan, Guru Besar Unhan dan para undangan.

Dari pantauan ArahKata, sebelum upacara dibuka, Menhan Prabowo melaksanakan pemeriksaan pasukan yang didampingi komandan uoacara dan dilanjutkan dengan pembacaan laporan akademik oleh Karo Akademik dan Kemahasiswaan Unhan Brigjen TNI Dr. Yusuf S.Sos, M.M.

Kemudian usai membuka upacara, Menhan menyematkan pemakaian pin dan pangkat kopral kadet mahasiswa S1 Unhan oleh perwakilan mahasiswa. Dan dalam rangkaian uoacara juga dilaksanakan pelantikan ketua BEM, Ketua Senat Mahasiswa S1, S2 dan S3 Unhan sekaligus pelantikan Korps Kadet Mahasiswa Unhan.

“Ini pertama kali membuka program studi S1 di empat fakultas baru. Ini tidak mungkin terjadi karena kerja keras dalam persiapan dan pembentukan,” kata Menhan Prabowo Subianto dalam amanatnya, Sabtu (29/8/2020).

Untuk itu mantan Danjen Kopassus ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Unhan atas kerja keras atas pendirian fakultas baru tersebut. “Ini menggambarkan tidak mungkin pembangunan tanpa ilmu pengetahuan dan teknologi tercipta tanpa adanya juga dari sumber daya manusia,” ungkap Prabowo yang didampingi Rektor Unhan Amarullah Octavian itu.

Mantan jenderal bintang tiga ini juga mengatakan bahwa menuju Indonesia Maju harus mencetak manusia yang handal dan dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. “Kita merasa perlu mencetak kader-kader yang baik untuk menguasai ilmu teknologi,” imbuhnya.

“Kita sekarang harus berupaya keras untuk menguasai ilmu teknologi, terlebih virus corona telah menjd senjata yang dapat merusak pangan, peradaban manusia, tentara dan lain-lain,” tambahnya.

Sekali lagi, Prabowo mengucapkan selamat kepada para pemuda pemudi yang terseleksi dari semuanya. Artinya, ungkap Dia, kalian pilihan dari pilihan. Oleh karenanya, pemuda pemudi jangan besar kepala tapi harus lebih karena kalian harapan bangsa dan belajarlah dengan gemilang dengan terobosan dan inovasi dan bawalah teknologi yang lebih baik dengan tingkat tinggi.

“Ikut tanggungjawab yang baik dan rendah hati tapi ingat tugasmu dengan baik untuk bangsa dan negara, karena rakyat yang biayaimu dan makan dan smuanya kebutuhanmu. Belajar, belajar dan belajar untuk berbakti kepada bangsa dan negara,” tegasnya.

Untuk diketahui, empat fakultas S1 Unhan tersebut terdiri dari Kedokteran Militer, Farmasi Militer, MIPA Militer dan Teknik Militer. Dan untuk Fakultas S2 yakni, Strategi Pertahanan, Manajemen Pertahanan, Keamanan Nasional, Teknologi Pertahanan, serta Program Doktor Ilmu Pertahanan S3 Unhan. (SR)

Pos terkait