Warga Kampung Pemulung Pancoran Terima Sembako dari Kemensos

  • Whatsapp

Jakarta, ArahKata – Warga Kampung Pemulung RT 06 RW 02 Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan menerima bantuan paket sembako dan makanan dari Kementerian Sosial, Jumat (10/4/2020).

Bantuan tersebut disalurkan oleh Kementerian Sosial melalui Yayasan Seniman Jalanan Indonesia, dan diterima langsung oleh ketua RT Kampung Pemulung, Suparlan.

Suparlan, lantas, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Sosial yang telah memberikan bantuan kepada warganya.

“Saya, selaku ketua RT di sini, sangat sangat berterima kasih kepada rekan-rekan di sini, terutama kepada Kementerian Sosial yang mana telah hadir, peduli, terhadap warga kami ini”, ujarnya dengan mata berbinar.

Ia menyampaikan bahwa nantinya bantuan ini akan diberikan kepada warga Kampung Pemulung yang membutuhkan. Sedangkan mekanisme pendistribusiannya, ia mengaku akan menyampaikannya secara langsung ke rumah-rumah warga.

“Kalau menurut saya pribadi, saya akan bagi langsung ke rumah supaya tidak ada kerumunan yang kita tidak inginkan. Jadi, ini memang untuk menghindari warga berkerumun”, jelasnya.

Adapun Saiful Anam, salah seorang warga penerima bantuan mengungkapkan ia dan warga Kampung Pemulung lainnya tidak dapat bekerja seperti biasa sejak merebaknya virus Corona.

“Dengan kondisi seperti ini, saya ngga bisa ngapa-ngapain beberapa hari ini. Memang usahanya sekarang stag di tempat, ngga bisa jalan, pabrik semua tutup”, akunya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dirinya tidak lagi mendapat pemasukan. “Ngga ada pemasukan sama sekali, pengeluaran terus sih iya”, katanya dengan nada pasrah.

Padahal, sebagai kepala keluarga, ia dituntut untuk tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. “Untuk kebutuhan sekarang kurang ya, banyak kebutuhan untuk sehari-hari. Kita ‘kan makan, terus bayar-bayar orang nimbang juga, modalnya juga mepet sekarang”, sambungnya.

Sehingga, menurutnya, para warga sangat membutuhkan bantuan makanan. Untuk itu, ia merasa beruntung mendapat uluran tangan dari Kementerian Sosial.

“Terimakasih buat Menteri Sosial, ini sangat membantu buat kami. Terimakasih atas bantuannya, dan semoga wabah ini cepet berlalu”, ujarnya penuh harap.

Pada hari ini saja, Kementerian Sosial telah menyalurkan sebanyak 6.252 bantuan makanan siap saji dan 4.371 paket sembako di lima Wilayah DKI Jakarta dari target 200 ribu paket. Proses pendistribusian ini akan terus berlanjut hingga pekan depan.

Sementara Grace Batubara, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial, yang terus mengawal proses pendistribusian sejak dimulai pada Selasa (7/4) lalu, memiliki harapan sederhana terhadap aksi penyaluran bantuan oleh Kemensos.

“Harapannya sederhana sekali ya, dengan keadaan seperti saat ini dimana bangsa kita sedang mengalami COVID-19, kita ingin membantu masyarakat yang terdampak, khususnya pekerja-pekerja informal, tetapi itu tidak mengurangi untuk masyarakat prasejahtera”, terang Grace.

Pihaknya sekaligus mengajak semua elemen, semua lini agar bersama-sama, bersatu padu membantu masyarakat yang terdampak COVID-19.(SR)

Pos terkait